Dosen : Elizabeth, S.Kom, MM.
Mata Kuliah :Bisnis Teknologi Informasi
Disusun Oleh :
Caesario Egy Perdana 30813323
Sutardi Ode 30813019
Fachri Ramdannny 30813029
Deni Wirawan 308130
Giovanez 308130
Selamat datang di Blog kami. Kali ini kami akan membahas tentang situs WEB e-commerce yaitu ALIBABA
Alibaba adalah sebuah web e-commerce berbasis B2B (Business to Business) yang mengoperasikan pasar online terbesar untuk perdagangan domestik dan internasional. Alibaba sendiri berpusat di kota Hangzhou China. Alibaba menawarkan berbagai macam produk yang dapat dibeli atau dipesan secara online yang berasal dari China dan beberapa negara lainnya.
Jadi melalui Alibaba
LATAR BELAKANG
Lebih dari sepuluh tahun lalu, Jack Ma bukanlah orang penting apalagi orang kaya di Cina. Dia cuma pengangguran yang prestasi di bangku kuliah pun pas-pasan. Namun siapa sangka Jack Ma kini dikenal sebagai pendiri e-commerce Alibaba terbesar di China yang perusahaannya bersaing ketat dengan eBay milik Amerika.
Kesuksesan Ma tidak terjadi dalam sekejap. Perlu kesungguhan dan tekad setebal baja untuk menjadi sukses seperti sekarang ini.
Dalam wawancara yang dikutip dari businessinsider.co.id, Ma mengungkapkan dirinya sudah terbiasa dengan penolakan. Bahkan untuk masuk kuliah pun, Ma sudah terlebih dahulu ditolak tiga kali oleh kampus.
Yang terparah selepas kuliah 30 kali penolakan kerja diterimanya sampai nyaris membuat Ma putus asa.
"Saya mau menjadi polisi, mereka bilang saya tidak pantas. Bahkan saya melamar ke KFC di kota saya, dari 24 orang yang melamar hanya saya yang tidak diterima," kenang Ma.
Tak putus asa, di tahun 1999 bersama temannya Ma mencoba terobosan baru di bidang e-commerce.
Pada tahun 1999, Alibaba Group secara resmi dibentuk oleh 18 pendirinya di daerah Hangzhou, yang dipimpin oleh Jack Ma.
TIPE WEBSITE
Alibaba.com merupakan Web yang dapat diakses secara online oleh semua orang yang terhubung oleh internet. Karena Alibaba menyediakan produk dan barang dalam skala besar, maka Alibaba.com dapat dikategorikan tipe web B2B (Business to Business).
Alibaba mempunyai 2 buah situs web yang mendukung penjualannya yaitu,
1688.com adalah situs web yang mendukung penjualan alibaba dengan menjual berbagai macam produk berskala besar, tetapi hanya melayani regional China saja
Aliexpress.com adalah situs web yang menjual berbagai produk. Aliexpress menekankan pada faktor marketplace dan marketspace.
SUMBER PENDAPATAN
- Premium Membership
Alibaba.com saat ini mengenakan biaya pada penjual asing sebuah biaya tahunan sekitar $400 untuk anggota TrustPass, tetapi perusahaan Cina membayar $8000 atau lebih daftar tahunan mereka sebagai Gold Supplier Cina. Mengapa situs tersebut memiliki daftar biaya yang berbeda untuk kedua jenis anggota dan secara kritis mengevaluasi praktek ini.
Gold Supplier dan TrustPass dibedakan biaya nya karena Gold supplier dikhususkan untuk eksportir china. Alibaba.com secara maksimal mengambil advantage dari loyal customer (Gold Supplier Membership) dengan dasar untuk mengambarkan anggota baru dari inovasi & kenyamanan dalam pelayanan. Dengan adanya Gold supplier membership service membantu untuk mempertahankan customer-customer yang telah dimiliki alibaba.com untuk tidak beralih ke situs e-commerce yang lain. Sedangkan untuk member TrustPass biaya yang dibayar tiap tahunnya masuk kepada pihak ke tiga yang sifatnya independen. Biaya yang dimaksud adalah biaya untuk berlangganan otentifikasi dan verifikasi identitas member.
-Iklan
Alibaba menyediakan beberapa tempat strategis di situsnya sebagai wadah iklan bagi penjual yang bertransaksi di situsnya.
Hal ini dilakukan seperti menampilkan produk penjual yang membayar di deretan teratas pencarian barang.
-Alipay
Alipay merupakan layanan pembayaran online tanpa biaya/gratis yang bersifat E-wallet. Alipay diluncurkan pada tahun 2004 oleh Jack Ma. Pada tahun 2014 Alipay mempunyai sebesar 300 juta pengguna dan menguasai hampir separuh dari transaksi online di China.
Alipay menyediakan jasa Secure Payment yang berguna jika konsumen tidak puas dengan barang yang mereka terima sebelum menyerahkan sejumlah uang kepada penjual.
Cara mentop-up Alipay dapat menggunakan Mastercard/Visa, WebMoney, DOKUwallet, Giropay, Wire transfer, Boleto, Western Union,
ANALISIS SWOT
Kelebihan (Stenght)
- Menawarkan kenyamanan bertransaksi dengan Secure Payment yang melindungi konsumen.
- Lokasi di China dengan 560 juta pengguna internet yang online sekitar 20 jam per hari, bisa dibilang china merupakan pasar terbesar e-commerce di dunia
- Biaya yang lebih murah karena alibaba menawarkan produknya dalam skala besar
- Mempunyai banyak layanan di situsnya dibandingkan website lainnya
Kelemahan (Weakness)
- adanya perbedaan hambatan adanya perbedaan waktu koneksi internet, perbedaan budaya, dan bahasa
- Tidak adanya jaminan tentang kualitas produk yang dikirim.
- Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara efek dari pelanggan positif (good customers) dengan pelanggan negatif (poor customers).
Peluang (Opportunities)
- Menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang bertujuan menarik costemer baru.
- Selalu mengedepankan kepuasaan castemer.
Threats (Ancaman)
- Banyaknya para pesaing - pesaing yang mulai bermunculan
- Pertannggung jawaban kepuasaan konsumen terhadap barang yang dikirim kurang ( tidak sesuai apa yang diharapkan.
- Memperbaiki sistem operasional perusahaan.
Perbandingan Saham Alibaba dengan Pesaing
STRATEGI ALIBABA
1688.com adalah situs web yang mendukung penjualan alibaba dengan menjual berbagai macam produk berskala besar, tetapi hanya melayani regional China saja
Aliexpress.com adalah situs web yang menjual berbagai produk. Aliexpress menekankan pada faktor marketplace dan marketspace.
SUMBER PENDAPATAN
- Premium Membership
Alibaba.com saat ini mengenakan biaya pada penjual asing sebuah biaya tahunan sekitar $400 untuk anggota TrustPass, tetapi perusahaan Cina membayar $8000 atau lebih daftar tahunan mereka sebagai Gold Supplier Cina. Mengapa situs tersebut memiliki daftar biaya yang berbeda untuk kedua jenis anggota dan secara kritis mengevaluasi praktek ini.
Gold Supplier dan TrustPass dibedakan biaya nya karena Gold supplier dikhususkan untuk eksportir china. Alibaba.com secara maksimal mengambil advantage dari loyal customer (Gold Supplier Membership) dengan dasar untuk mengambarkan anggota baru dari inovasi & kenyamanan dalam pelayanan. Dengan adanya Gold supplier membership service membantu untuk mempertahankan customer-customer yang telah dimiliki alibaba.com untuk tidak beralih ke situs e-commerce yang lain. Sedangkan untuk member TrustPass biaya yang dibayar tiap tahunnya masuk kepada pihak ke tiga yang sifatnya independen. Biaya yang dimaksud adalah biaya untuk berlangganan otentifikasi dan verifikasi identitas member.
-Iklan
Alibaba menyediakan beberapa tempat strategis di situsnya sebagai wadah iklan bagi penjual yang bertransaksi di situsnya.
Hal ini dilakukan seperti menampilkan produk penjual yang membayar di deretan teratas pencarian barang.
-Alipay
Alipay merupakan layanan pembayaran online tanpa biaya/gratis yang bersifat E-wallet. Alipay diluncurkan pada tahun 2004 oleh Jack Ma. Pada tahun 2014 Alipay mempunyai sebesar 300 juta pengguna dan menguasai hampir separuh dari transaksi online di China.
Alipay menyediakan jasa Secure Payment yang berguna jika konsumen tidak puas dengan barang yang mereka terima sebelum menyerahkan sejumlah uang kepada penjual.
Cara mentop-up Alipay dapat menggunakan Mastercard/Visa, WebMoney, DOKUwallet, Giropay, Wire transfer, Boleto, Western Union,
ANALISIS SWOT
Kelebihan (Stenght)
- Menawarkan kenyamanan bertransaksi dengan Secure Payment yang melindungi konsumen.
- Lokasi di China dengan 560 juta pengguna internet yang online sekitar 20 jam per hari, bisa dibilang china merupakan pasar terbesar e-commerce di dunia
- Biaya yang lebih murah karena alibaba menawarkan produknya dalam skala besar
- Mempunyai banyak layanan di situsnya dibandingkan website lainnya
Kelemahan (Weakness)
- adanya perbedaan hambatan adanya perbedaan waktu koneksi internet, perbedaan budaya, dan bahasa
- Tidak adanya jaminan tentang kualitas produk yang dikirim.
- Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara efek dari pelanggan positif (good customers) dengan pelanggan negatif (poor customers).
Peluang (Opportunities)
- Menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang bertujuan menarik costemer baru.
- Selalu mengedepankan kepuasaan castemer.
Threats (Ancaman)
- Banyaknya para pesaing - pesaing yang mulai bermunculan
- Pertannggung jawaban kepuasaan konsumen terhadap barang yang dikirim kurang ( tidak sesuai apa yang diharapkan.
- Memperbaiki sistem operasional perusahaan.
1.
Perbandingan Saham Alibaba dengan Pesaing
Pada tahun 2003, Alibaba.com meluncurkan Taobao.com untuk bersaing dengan konsumen umum pasar lelang online melawan eBay di Cina. Setelah empat tahun dalam pertempuran intensif dan mahal, eBay benar-benar menarik diri dari Cina. Deskripsikan keuntungan yang mungkin Alibaba.com miliki lebih dari eBay di pasar baru, kemudian deskripsikan keuntungan yang mungkin eBay miliki lebih dari Alibaba.com. Pastikan untuk menyertakan diskusi tentang efek lock-in mana yang sesuai.
- Kelebihan Taobao dibandingkan Ebay
· Tampilan Taobao memiliki budaya lokal yang kuat yang mencerminkan pemahaman yang mendalam mengenai konsumen China
· Listing Taobao diorgansasi menjadi beberapa kategori seperti tab navigasi pria dan wanita, sedangkan eBay stuck pada “global platform” nya yang mengelompokkan user menjadi “buyers” dan “sellers”
Kelebihan Ebay dibandingkan Taobao
· Alibaba.com membuat efek lock-in karena memiliki akar yang sangat kuat di pasar Cina dan Taobao.com sukses dalam persaingan pasar dengan eBay
Alibaba fokus dengan China sedangkan Ebay namanya jangkauannya luas , sehingga secara tidak langsung Ebay dapat membawa /menarik pelanggan dari luar China dan menjual produk China ke luar China
Alibaba saat ini fokus dalam menghubungkan bisnis skala kecil dan menengah, merupakan peluang bagi Ebay untuk menjangkau bisnis skala besar / perusahaan besar
STRATEGI ALIBABA
•Strategi Pemasaran
Alibaba.com mencoba untuk menambah pangsa pasar, untuk melakukan ekspansi ke pengguna utama
dan yang aktif. Menargetkan pengguna potensi di industri khususnya di lokasi geografis
•Strategi Promosi
Alibaba.com merencanakan untuk meningkatkan pengalaman pada komunitas untuk
menambahkesetiaan dan pengembangan yang aktif, serta memperkenalkan fitur dan alat baru
khususnya merencanakan pada layanan pesan instant dan alibaba.com juga merencanakan untuk
mengadakan event offline untuk pengguna yang telah terdaftar. Mendengarkan kritik dan saran dari
konsumen tentang pelayanan.
•Strategi Penjualan
Penjualan berbasis E-commerce yang diwadahi oleh sistem membership dari Alibaba.com
penjualan yang melibatkan China sebagai supplier utama.
Menawarkan beragam layanan untuk memudahkan transaksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar